Pemuda Adalah Penentu Masa Depan Untuk Daerahnya

0
549

Beri aku sepuluh pemuda, maka akan aku guncang dunia

Ir Soekarno

Itulah ungkapan terkenal sang proklamator dan presiden pertama kita Ir. Soekarno. Ungkapan kalimat itu menjadi sebuah semangat tersendiri bagi ketua bidang pemuda dan olah raga RW.021, Bung Aprio Ibnu Yuhendro. Peran aktif pemuda untuk pembangunan sangatlah dibutuhkan, karena pemuda bisa berperan sebagai kekuatan moral, kontrol sosial dan agen pembanguan dalam segala aspek pembanguan.

Pentingnya pengarahan pemuda harus diarahkan berdasakan karakteristik pemuda itu sendiri sehingga memili semangat, kepedulian, perubahan, keterbukaan, kejuangan, tanggung jawab dan sportivitas serta memiliki sifat kritis. Inovatif, dinamis, progresif dan prospektif. Jika kita melihat pada Perda Kota Bekasi No.3 tahun 2018 tentang kepemudaan, ada 5 point pelaksanaan yang harus dilakukan :

Penyadaran

kegiatan penyadaran pemuda dalam menghadapi dan mengurani resiko dampak negative perubahan lingkungan sosial, baik domestik maupun global. Dan pemerintah daerah pun berperan dalam memfasilitasi kegiatan ini melalui kegiatan seperti : pendidikan akhlak mulia atau budi pekerti, pendidikan wawasan kebangsaan, penumbuhan kesadaran mengenai hak dan kewajiban dalam bermasyarakat, pemahaman kemandirian ekonomi dan penyiapan program regenerasi di berbagai bidang.

Pemberdayaan

Pemberdayaan pemuda disini bisa melalui peningkatan keimanan dan ketakwaan secara bertahap, peneguhan kemandirian ekonomi pemuda, peningkatan ilmu pengetahuan dan tekhnologi dengan cara pengembangan soft skill. Sebagai contoh dari program Bung Rio yang berkerjasama dengan bidang ekonomi dan pembangunan RW.021 Bapak Ade Sukma adalah akan diadakanya pelatihan dan keterampilan dibidang welder memalui workshop Jade 21, dimana para warga yang memiliki pengetahuan di bidang itu bisa turut serta menjadi intruktur bagi para pemuda.

Pengembangan Kepemimpinan

Untuk pengembangan kepemimpinan ini difasilitasi oleh pemerintah daerah kota bekasi, dan pemerintah pun menetapkan kebijakan strategis pengembangan kepemimpinan pemuda sesuai dengan arah pembangunan nasional dan daerah. Dan itu bisa dilaksanakan melalui pengkaderan, pelatihan, forum kepemimpinan pemuda, dll.

Kewirausahaan

Pengembangan kewirausahaan ini harus melihat minat bakat dan potensi pemuda itu sendiri. Karena dalam satu lingungan antara pemuda yang satu dengan pemuda yang lain memiliki minat bakat yang berbeda. Pendampingan dalam hal ini sangat diperlukan agar terbentuknya minat bakat dan potensi tersebut.

Kepeloporan

Pengembangan kepeloporan pemuda diarahkan untuk membangun semangat sikap dan kesukarelawanan yang dilandasi atas tanggung jawab sosial. Hal itu bisa dilaksanakan melalui gerakan peduli lingkungan, gerakan berperilaku bersih dan hidup sehat, dan latihan dasar penanggulangan bencana yang bisa di implementasikan dengan pembetukan tim Tagana RW. Bukan hanya menjadi tugas bidang pemuda dan olah raga sendiri, namun juga peran serta dan aktif pemuda pun diperlukan guna berjalannya itu semua. Pemuda yang menjadi generasi penerus perjalanan sebuah proses yang dicatat oleh waktu. Karena apa yang kita lakukan hari ini akan menjadi sejarah dimasa depan untuk dirinya sendiri, keluarga atau bahkan daerahnya. Maka dari penentu masa depan untuk daerahnya bisa disingkat dengan sebutan PEMUDA.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here