Cluster Jade, Batu Giok dari tenggara Kota Bekasi

0
492

Cluster (dibaca : klas;ter) berasal dari bahasa inggris yang berarti : kelompok, grup, rangkaian, gugus. Namun dalam hal ini Cluster merupakan perumahan yang berkelompok di dalam satu lingkungan dengan bentuk rumah yang serasi. Jade (dibaca : Jeid) yang dalam bahasa inggris berarti Giok. Batu giok atau jade adalah satu dari jenis batu permata berwarna hijau yang di dalamnya terdiri dari banyak unsur mineral yang telah ditemukan dan digunakan oleh bangsa timur selama beribu-ribu tahun lalu. Banyak yang mengoleksi giok ini karena keindahannya dan juga manfaatnya.

Cluster Jade merupakan bagian dari perumahan Bekasi Timur Regensi yang berada disebelah tenggara Kota Bekasi, yang berjarak sekitar 11km dari pusat pemerintahan kota Bekasi. Masuk dalam wilayah Kelurahan Cimuning Kecamatan Mustikajaya. Mulai dihuni sejak tahun 2010 namun terbentuk administrasi RW sekitar tahun 2011 dan sudah 4 kali pemilihan ketua RW hingga saat ini.

Pemerintahan RW pertama untuk periode 2011-2014 adalah Ketua H. Hanafi, Sekretaris Joko Suci Handoyo dan Bendahara Apep Hermawan. RW kedua untuk periode 2014-2017 adalah Ketua Supriyono Sekretaris Bahrudin dan Bendahara Apep Hermawan. Selanjutnya RW ketiga periode 2017-2020 Ketua Supriyono, Sekretaris Didik Setya Budi dan Bendahara Budi Santoso. Khusus untuk pemerintahan RW keempat sempat tertunda pemilihan karena datangnya Pandemi Covid-19 dan hadirnya Perwal Bekasi No.58 tahun 2020 yang merubah periode masa jabatan RT dan RW dari 3 tahun menjadi 5 tahun. Dan untuk komposisi kepengurusan RW keempat periode 2020-2025 adalah Ketua Didik Setya Budi, Sekretaris Bani Putra dan Bendahara Budi Santoso.

Dihuni lebih dari 400 kepala keluarga cluster jade yang multicultural menjadi majemuk dan beragam. Sebagian besar penghuni adalah pendatang dan latar belakang pekerjaan yang beragam dari guru, ASN, pengusaha menjadi satu dengan harmonis, namun rata-rata adalah karyawan swasta yang berkerja di perusahaan di wilayah jabodetabek. Kemajemukan itu pun tidak luput dari daerah asal yang berbeda-beda, mungkin hampir mewakili pulau besar luar jawa di nusantara ini ada di RW.021, dari Sumatra, Sulawesi, Kalimantan bahkan dari timur, keberagaman itulah yang menjadikan warga RW.021 besar dalam toleransi dan bersinergi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here