Penyuluhan Covid-19 Oleh Puskesmas dan Kelurahan Cimuning

0
788

Sudah tidak asing lagi di telinga kita dengan yang namanya covid19, bahkan hampir disetiap jalan dapat kita jumpai spanduk-spanduk bertuliskan tentang covid19. Pandemi yang sudah lebih dari 6 bulan ini sudah melumpuhkan perekonomian di hampir semua kalangan. Namun apakah kita tahu apakah itu covid19 ? bagaimana mengenali gejalanya ? dan seperti apa pencegahan nya ?

Pada Senin, 19 Oktober 2020 telah terlaksananya sebuah program penyuluhan road show dari RW ke RW yang diprakarsai oleh Kelurahan Cimuning bersama dengan Puskesmas Cimuning. Kegiatan yang sangat bermanfaat itu membawa agenda Pembinaan Pemberdayaan Masyarakat dan Penyuluhan Covid-19. Kesempatan luar biasa itu dihadiri Kasi Kesos Kelurahan Cimuning Bapak Aden Kusnadi bersama Ibu Fitriyanti, tak lupa pula ada Bidan Sulistyoningrum sebagai narasumber dari Puskesmas Cimuning.

Pemaparan tentang covid-19 itu di ikuti dengan antusias oleh para pengurus RT, PKK dan Posyandu berjalan hidup diisi dengan season tanya jawab dari peserta penyuluhan yang dipimpin oleh Sekretaris RW.021 Bapak Bani Putra sebagai pembawa acara. Penyakit COVID-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Itulah sebabnya di sebut Covid-19 karena singkatan dari Corona Virus Deseas 2019. “Virus ini menyerang imun, walau ada orang yang sudah pernah terkena dan sembuh, bisa saja terkena lagi ketika imunitas tubuh itu sedang menurun” terang bidan Ningrum.

Bagaimana kita mengenali penyebab dan gejala si covid ini ? Penyakit Covid-19 adalah penyakit yang disebabkan oleh Coronavirus jenis baru dengan gejala klinis demam, batuk, pilek, letih, lesu, sakit tenggorokan, sesak napas dan hilangnya indera perasa. Suhu tubuh menjadi salah satu gejala seseorang diduga tertular Covid-19, selain itu ada batuk flu dan sesak napas yang juga menjadi gejala penyakit tersebut. Seseorang patut diduga tertular Covid-19 jika suhu tubuhnya mencapai 38 derajat celcius ke atas.

Kita perlu mengetahui cara mencegah penularan virus tersebut agar tidak mewabah dilingkungan. Coronavirus menular melalui droplets atau tetesan cairan yang berasal dari batuk dan bersin, kontak pribadi seperti menyentuh dan berjabat tangan, menyentuh benda atau permukaan yang terdapat virus kemudian menyentuh mulut, hidung, atau mata sebelum mencuci tangan. Tak hanya itu, etika batuk perlu dilakukan agar tidak menulari orang lain. Etika tersebut dilakukan dengan menggunakan masker bagi orang sakit, tutup mulut dan hidung dengan lengan atas bagian dalam siku kita, gunakan tisu dan buang di tempat sampah tertutup, setelah itu segar cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

Seperti yang biasa kita temukan himbauan dalam pencegahan covid19 dengan selalu mengkampanyekan 3 M yaitu Mencuci tangan pakai sabun dengan air mengalir, Mamakai masker yang dianjurkan, Menjaga jarak. Itu menjadi bagian dalam protocol kesehatan dalam pencegahan covid19. Bagi warga Cimuning khususnya tidak perlu cemas akan biaya pemeriksaan atau rapid test yang dilakukan oleh Puskesmas, karena semua itu Gratis. Tidak hanya untuk penanganan covid19 saja, Puskesmas Cimuning pun menggratiskan pengobatan warga yang beridentitas Kelurahan Cimuning. Di akhir penyuluhan tersebut Kasi Kesos berpesan agar informasi ini bisa sampai ke seluruh warga dan jika ada warga yang terkena lalu melakukan isolasi mandiriri dirumah, janganlah lalu dikucilkan namun berikan dorongan semangat karena covid19 bukan lah aib tutup bapak Aden.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here